logo 2022

Written by PA Nganjuk on . Hits: 30

SEJARAH SINGKAT HARI LAHIR PANCASILA

Dikutip dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas), pada 29 Mei 1945 BPUPKI mengadakan rapat pertama untuk membahas dasar negara. Namun, pada kesempatan itu, para anggota belum menemukan kesepakatan terkait konsep dasar negara. Kemudian pada 1 Juni 1945, BPUPKI tengah mengadakan sidang kedua mempersiapkan dasar negara bagi Indonesia merdeka. Bertepatan dengan momen tersebut Soekarno berkesempatan menyampaikan gagasannya mengenai dasar negara di hadapan para anggota Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI). Presiden pertama Republik Indonesia itu pun menyampaikan gagasannya dalam Pidato tanpa judul, tetapi mantan Ketua BPUPKI Dr. Radjiman Wedyodiningrat memberikan judul pada pidato “Lahirnya Pancasila”.

Dalam pidato tersebut, untuk pertama kalinya konsep dan rumusan awal Pancasila dikemukakan Presiden Soekarno sebagai dasar negara merdeka. Setelah menyampaikan pidatonya, gagasan mengenai dasar negara Indonesia diterima oleh para anggota BPUPKI. Akhirnya, Pancasila dinyatakan secara sah dan resmi menjadi dasar negara Indonesia merdeka pada 18 Agustus 1945.

Selanjutnya Presiden Jokowi dengan Kepres Nomor 24 Tahun 2016 menetapkan bahwa tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila. <FM_PA.Ngj>

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Nganjuk

Jl. Gatot Subroto - Nganjuk

No Telp : 0358-323744

Email Umum:

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Email Tabayun:

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Media Sosial:

Asset 4 Asset 2 Asset 5